Home / Profil Magister Sains Psikologi

Profil Magister Sains Psikologi

bismillah

Segala puji hanyalah milik Allah subhanahu wa ta’ala, kami memuji-Nya, memohon pertolongan, serta ampunan-Nya. Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam beserta keluarga dan para shohabatnya.

Knowledge is power but values are more, adalah motto yang diusung program Magister Sains Psikologi – Universitas Muhammadiyah Surakarta (MSP-UMS). Dengan semangat tersebut, MSP-UMS memiliki visi sebagai center of exellence dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan sumber daya masyarakat dengan keunikan pada indegenos yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan budaya Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut MSP-UMS menjalankan misinya dengan menghasilkan lulusan berderajat Magister di bidang Psikologi. Saat ini MSP-UMS telah mengembangkan sistem baru yang disebut Quality and Control (Q & C). Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan dua bidang yang dibutuhkan dalam proses akademik, yaitu mutu perkuliahan dan kompetensi kelulusan. Yang dimaksud Quality yaitu meningkatkan performa akademik yang senantiasa di update dengan mempertimbangkan kebutuhan stakeholder, dan sedangkan Control yaitu melakukan pembimbingan penulisan tesis secara intensif agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi dalam dua tahun.

MSP-UMS berdiri pada tahun 2006 berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti No: 4159/D/T/2005. Pada awalnya MSP-UMS berada di bawah Fakultas Psikologi UMS, satu atap dengan Magister Profesi Psikologi UMS. Mulai tahun 2008 MSP-UMS berada di bawah manajemen Pascasarjana UMS bersama dengan sembilan program magister lainnya. Alhamdulillah sejak tahun 2011 MSP-UMS telah memperoleh status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor: 028/BAN-PT/Ak-VIII/S2/II/2011 dengan Nilai Akreditasi B.

Visi MSP-UMS

Menjadi MSP dengan keunggulan pada pengembangan sumberdaya manusia dan riset psikologi berperspektif lintas indigenous dalam keragaman budaya dan nilai-nilai keislaman.

Misi MSP-UMS

1. Membangun landasan sistem dan pengembangan sumberdaya agar dapat menjadi MSP yang unggul pada kajian dan pengembangan riset psikologi.

2. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

3. Membangun laboratorium terapan dan riset pengembangan ilmu psikologi berperspektif lintas indigenous dalam keragaman budaya dan nilai-nilai keislaman.

Tujuan MSP-UMS

Program MSP-UMS bertujuan menghasilkan:

Lulusan yang: (1) Memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang psikologi berperspektif lintas indigenous dalam keragaman budaya, (2) Memiliki kemampuan melakukan penelitian bagi pengembangan ilmu dan pemecahan masalah dalam bidang psikologi, (3)Memiliki integritas pribadi dan berakhlak mulia sesuai dengan niliai-nilai keilmuan dan keislaman. Selain itu juga menghasilkan produk keilmuan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu psikologi dan kesejahteraan hidup manusia.